Rujak Bebeg, Kuliner Tradisional Yang Langka Dari Jawa Barat

Rujak Bebeg, Kuliner Tradisional Yang Langka Dari Jawa Barat
Rujak Bebeg, Kuliner Tradisional Yang Langka Dari Jawa Barat. Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam olahan kulinernya. Berbagai macam olahan tradisional dari berbagi daerah dan rempah selalu mewarnai keunikan Indonesia. Di Indonesia saja, makanan rujak sudah sangat beragam, masing-masing daerah mempunyai cita rasa sendiri. Salah satu nya adalah rujak bebeg.
Rujak bebeg adalah kuliner tradisional dari Jawa Barat ini menjadi salah satu makanan yang harus dicoba ketika sedang berkunjung ke Bogor atau tempat lain di Jawa Barat.
Pada umumnya rujak diulek tetapi rujak bebeg sesuai dengan namanya dibuat dengan cara dibebek atau ditumbuk dengan menggunakan lesung atau alu kecil.
Bahan membuat rujag bebeg terdiri dari berbagai macam buah-buahan segar seperti mangga, jambu, mentimun, bengkoang, kedondong, serta nanas muda. Sebelum ditumbuk, buah-buahan tersebut dikupas dan dipotong kecil-kecil supaya mudah hancur ketika ditumbuk. Sementara bumbu membuat rujak bebeg ini terdiri dari gula merah, cabe rawit, garam, terasi dan air asam.
Rujak ini sangat cocok bagi para pecinta pedas, yang tidak begitu menyukai makanan pedas bisa menentukan jumlah cabe yang ingin dimasukkan kedalam rujak. Soal rasa pun, rujak bebeg dijamin mampu menggoyang lidah yang memakannya.
Salah satu pedagang di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Asep (20), mengatakan bahwa alasan kenapa rujak ini kerap laris adalah karena di perkotaan cukup langka.
Hal ini, kata dia, berbeda dengan di kampungnya di kawasan Garut. “Kalau di kampung mah, biasanya rujak ini dibikin sendiri terus makan bareng-bareng, kalau lagi ngumpul-ngumpul,” kata Asep
Ia mengaku bahwa ia mulai berjualan rujak pada tahun 2012 lalu dan sejak itu peminat rujak yang dia jajakan tak pernah turun. “Rame terus, sejak pasar mulai jualan juga, soalnya ini agak langka, makanan kampung,” katanya.
Selain itu, kata dia, pembeli yang memesan rujaknya juga bisa memilih takaran pedas yang diinginkan.
Adapun satu porsi rujak bebek yang cocok bagi yang sedang bersantai ini dipatok cukup murah, yakni Rp 5.000 per porsinya.

Comments

Popular posts from this blog

Bantuan Sebesar Rp75 Miliar Diberikan Bank Dunia Untuk Rekonstruksi Sulteng Usai Gempa

Wamen ESDM: 85 Persen Kondisi Sistem Listrik Palu Sudah Mulai Pulih

Guna Penanganan Gempa Dan Tsunami Palu, Bank Dunia Beri Bantuan US$5 Juta